Get Adobe Flash player
Rekonsiliasi Triwulan I 2014 paling lambat tanggal 5 Juni 2014!

postheadericon Launching KPPN Kolaka menjadi KPPN Percontohan

Liputan Launcing KPPN Percontohan Kolaka Kolaka – Sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor KEP-163/PB/2012 tanggal 16 Juli 2012, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kolaka akhirnya resmi menyandang status sebagai KPPN Percontohan per 1 Oktober 2012. Status ini disematkan pula kepada 138 KPPN lainnya di seluruh Indonesia.

Dalam acara peresmian KPPN Percontohan Kolaka Senin (1/10), Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tenggara, Bilmar Parhusip, menyatakan bahwa penerapan KPPN Percontohan merupakan bagian dari upaya jajaran Direktorat Jenderal Perbendaharaan untuk mengimplementasikan nilai-nilai Kementerian Keuangan yang dilaksanakan secara terstruktur, terencana, dan terprogram dengan baik. KPPN Percontohan adalah pelayanan satu tempat (one stop service), penerapan proses bisnis yang sederhana, pemanfaatan teknologi informasi, kepastian norma waktu layanan, transparan dan akuntabel, proses pekerjaan mempedomani standar prosedur operasi (SOP) yang berlaku, serta didukung oleh SDM yang memiliki kompetensi melalui proses assessment. “Implementasi KPPN Percontohan merupakan etalase bagi jajaran Ditjen Perbendaharaan untuk mewujudkan kantor modern, dengan menerapkan prinsip dan nilai-nilai integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan, dan kesempurnaan, demi mendukung pembangunan di Kolaka,” terang Bilmar. Disamping itu pula Bilmar menjelaskan tentang rencana implementasi Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) di awal tahun 2013.

Bupati Kolaka, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka, Ahmad Safei,  memberikan apresiasi atas peresmian status KPPN Kolaka menjadi KPPN Percontohan, “Perkembangan pembangunan dan laju pertumbuhan perekonomian Kolaka cukup tinggi, sehingga menuntut kantor pemerintah seperti KPPN Kolaka untuk mampu menangkap dinamika tersebut dan menjawabnya dengan pelayanan publik yang lebih baik.” Dengan menerapkan standar operasi kantor percontohan, keberadaan KPPN Kolaka diharapkan bisa menjadi solusi atas permasalahan yang muncul terkait pengelolaan keuangan negara.

 

Kepala KPPN Kolaka, Setijo Budi Pramono, menegaskan bahwa pelayanan cepat, tepat, dan tanpa biaya, merupakan komitmen, janji, dan niat KPPN Kolaka dalam mewujudkan salah satu pelaksanaan reformasi birokrasi di Kementerian Keuangan. Cepat berarti cepat prosesnya, tepat berarti data yang diolah akurat dan akuntabel dan tanpa biaya berarti tidak ada pungutan alias gratis. Diakhir acara launching KPPN Percontohan ini, Sekretaris Daerah didampingi Kepala Kanwil, Kepala KPPN Kolaka dan tamu undangan lainnya menyaksikan secara langsung proses penyelesaian 3 SPM menjadi SP2D yang hanya membutuhkan waktu 20 menit.

Kontributor: KPPN Kolaka dan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sultra

 

 

 

 

Hosting: Ilimitada Hosting Chile VPS