Get Adobe Flash player
Undangan Workshop Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Tanggal 15 April 2014 dan Undangan Rekonsiliasi dapat diunduh Disini!

postheadericon Trilateral Meeting: koordinasi Penyusunan Program dan Kegiatan Prioritas K/L 2013

Menteri Keuangan dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) telah menetapkan Surat Edaran Bersama tentang Pagu Indikatif dan Rancangan Awal RKP Tahun 2013, yang merupakan hasil pembahasan dalam sidang kabinet paripurna tanggal 21 Maret 2012. Sebagai tindak lanjutnya, dilakukan trilateral meeting antara Kementerian Negara PPN/Bappenas, Kementerian Keuangan (Direktorat Jenderal Anggaran/DJA) dan K/L. Trilateral meeting dilakukan untuk menyelaraskan program dan kegiatan prioritas serta pagu indikatif K/L untuk Tahun Anggaran 2013, dan diharapkan dapat dilakukan konsolidasi dan koordinasi sejak awal sehingga sasaran-sasaran pembangunan dalam koridor kebijakan fiskal dapat diwujudkan.

Materi yang dibahas dalam trilateral meeting adalah prioritas nasional, program dan kegiatan prioritas serta pendanaannya. Pembahasan akan mencakup pencapaian sasaran prioritas pembangunan nasional yang akan dituangkan dalam RKP, konsistensi kebijakan yang ada dalam dokumen perencanaan dengan dokumen penganggaran (antara RPJMN, RKP, Renja K/L dan RKA-K/L ), dan komitmen bersama atas penyempurnaan yang perlu dilakukan terhadap Rancangan Awal RKP.

Salah satu peran Bappenas dalam trilateral meeting adalah penyampaian kepada K/L mengenai prioritas pembangunan nasional. Prioritas pembangunan nasional dirinci ke dalam program dan kegiatan prioritas serta target sasaran yang hendak dicapai ke masing-masing K/L sesuai tugas dan fungsinya yang mengacu pada RPJMN 2010 � 2014.

Kementerian Keuangan akan menyampaikan kebijakan penganggaran dengan mengacu pada kaidah penganggaran, efektifitas dan efisiensi pendanaan bagi program dan kegiatan K/L untuk jangka menengah sesuai dengan kebutuhan pendanaan K/L. Peran lain adalah menyempurnakan kebijakan anggaran yang terbagi kedalam jenis belanja dan satuan biaya yang dianggap perlu untuk disesuaikan dengan masukan yang diperoleh dalam trilateral meeting.

Kewajiban masing-masing K/L adalah menyampaikan rancangan Renja K/L. Renja K/L merupakan penjabaran dari Restra K/L yang telah disesuaikan dengan mengacu pada prioritas pembangunan nasional dan kebijakan masing-masing K/L. Selain itu, K/L wajib menyampaikan Renja K/L yang telah disusun kepada Kementerian PPN/ Bappenas dan Kementerian Keuangan. Renja K/L yang telah disusun digunakan sebagai pedoman penyusunan RKA-K/L.

Petunjuk pelaksanaan Pertemuan Tiga Pihak (trilateral meeting) secara lengkap telah disampaikan kepada K/L sebagai lampiran IV Surat Bersama Menteri Keuangan dan Menteri PPN/Kepala Bappenas.

Materi lengkap pembahasan trilateral meeting dapat di klik disini
(Kiswanto)



Sumber : http://www.anggaran.depkeu.go.id/dja/edef-konten-view.asp?id=923

Terakhir Diupdate (Rabu, 09 Mei 2012 10:22)

 

Add comment


Security code
Refresh

Hosting: Ilimitada Hosting Chile VPS